PEMBELAJARAN PERKALIAN DENGAN AKTIVITAS PERMAINAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SDN 43 AMPENAN

Desventri Etmy, Habib Ratu Perwira Negara

Abstract


Berdasarkan Permendikbud Nomor 21 tahun 2016 tentang standar isi menyebutkan
salah satu kompetensi dalam matematika di Sekolah Dasar adalah memahami penjumlahan,
pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan bulat dan pecahan. Tetapi aplikasi di kelas,
pembelajaran perkalian masih menggunakan metode konvensional yaitu menghafal.
Hendaknya mengajarkan perkalian, bukan dengan paradigm mengajar melainkan dengan
paradigm belajar. Di mana dengan paradigm belajar siswa diposisikan sebagai subjek, yang
memperoleh pengetahuan dengan suatu proses yang mereka alami, yang mereka pikirkan, dan
yang mereka konstruksi sendiri melalui pengetahuan mereka. Salah satu pembelajaran yang
menekankan pada akvitas siswa dalam belajar adalah pendekatan Matematika Realistik, yang
menggunakan model gunung es Moerlands yang memuat 4 aktivitas dalam proses
pembelajaran yaitu: (1) orientasi lingkungan secara matematis; (2) model alat peraga; (3)
pembuatan pondasi; dan matematika formal. Tujuan penulisan ini adalah bagaimana
pembelajaran perkalian dengan aktivitas bermain melalui pendekatan Matematika Realistik
yang dilaksanakan di SDN 43 Ampenan Mataram. Pendekatan yang dilakukan adalah
pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Intrumen yang digunakan adalah
wawancara, Lembar Kerja siswa dan Tes. Hasil yang didapatkan adalah pembelajaran
perkalian dasar 1-10 yang diberikan dengan aktivitas bermain berbantuan alat peraga dengan
pendekatan Matematika Realistik menggunakan model Gunung es Moerlands memberikan
dampak positif terhadap pemahaman siswa terhadap perkalian dasar 1-10. Selain itu, terjadi
interaksi antara siswa dengan siswa maupun dengan penulis dan pembelajaran lebih bermakna
dan menyenangkan untuk siswa di kelas.
Kata Kunci: Pembelajaran Perkalian Dengan Aktivitas Permainan, Pendekatan
Matematika Realistik


Full Text:

PDF

References


http://pgmi-uniskamab.com/berita/beritaberita/

permendikbud-nomor-21-tahun-

-tentang-standar-isi-pendidikandasar-

dan-menengah/. Diakses pada

tanggal 21 Oktober 2017.

Hartono, Wahyudi & Novita Nur Samiadi.

Urgensi Pembelajaran Perkalian

Bilangan dengan Pendekatan

Matematika Realistik Indonesia pada

Siswa Tunarungu. Jurnal Pendidikan

Luar Biasa. 4(1).

Bito, Gregorius Sebo. 2014. Aktivitas

Bermain sebagai Konteks dalam

Belajar Matematika di Sekolah Dasar

dengan Pendekatan Matematika

Realistik. Jurnal Pemikiran dan

Pengembangan SD. 1(4).

Zulaihah, Anita dan Asih Mardati.

Penggunaan Permainan Throwing

Sudoku untuk Pengenalan Konsep

Bilangan. Prosiding Seminar Nasional

“Optimalisasi Active Learning dan

character Building dalam

Meningkatkan Daya Saing Bangsa di

Era MEA”.

http://eprints.uad.ac.id/3370/1/Anita%2

C%20Asih%20Mardati_UAD2.pdf.

Diakses pada tanggal 23 Oktober 2017.

Reta, Allen Marga. 2016. Penggunaan

Iceberg dalam Pendekatan Pendidikan

Matematika Realistik Indonesia

(PMRI). Prosiding Seminar nasional

Pendidikan FKIP Muhamamdiyah

MAlang1(1).http://www.snfkipumpalembang.

com/wpcontent/

uploads/2017/01/9.-Allen-

Margaretta.pdf. Diakses pada tanggal

Oktober 2017.

Sulistiawati. (2014). Pembelajaran Perkalian

Bilangan 1-10 dengan Matematika

Gasing untuk Meningkatkan Hasil

Belajar pada Siswa Sekolah Dasar.

Prosiding Seminar Nasional

Matematika VIII.

http://

Matematika.unnes.ac.id/prosiding/2014

. Diakses pada tanggal 23 Oktober

Kristiyono, Heru. 2008. Mahir Perkalian dan

Pembagian Bilangan Dasar Melalui

Metode Permainan Kartu. Jurnal

Pendidikan Penabur. 10(7).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.