IbM KELOMPOK GURU MADRASAH ALIYAH YANG MENGEMBANGKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Saiful Prayogi, I Ketut Sukarma, Muhali Muhali

Abstract

Kegiatan IbM (Ipteks bagi Masyarakat) ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan meningkatkan kemampuan guru Madrasah Aliyah dalam mengembangkan perangkat pembelajaran (RPP) dan bahan ajar (buku ajar dan LKS) untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis siswa. Mitra dalam kegiatan ini, yaitu kelompok guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sengkol dan Madrasah Aliyah (MA) NW Remajun. Kedua sekolah terletak di kabupaten Lombok Tengah, NTB. Anggota kelompok mitra di kedua sekolah tersebut terdiri dari guru mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Fisika dan Kimia). Kegiatan IbM ini telah dilaksanakan dengan serangkaian kegiatan In Service Training (IST), On Service Training (OST), serta implementasi dan pengukuran kemampuan berpikir kritis siswa. Kegiatan IST memberikan pendidikan dan pelatihan kepada kedua mitra tentang analisis pembelajaran, konsep perangkat pembelajaran yang meliputi RPP dan bahan ajar (buku ajar dan LKS), konsep pengembangan perangkat pembelajaran yang dapat melatihkan kemampuan berpikir kritis siswa, dan instrumen tes kemampuan berpikir kritis. Kegiatan OST dilaskanakan dengan memberikan pendampingan kepada kedua kelompok mitra dalam menyusun RPP dan bahan ajar (buku ajar dan LKS) yang dapat melatihkan kemampuan berpikir kritis siswa, serta penyusunan instrumen tes kemampuan berpikir kritis. Implementasi dilakukan untuk memastikan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat melatihkan kemampuan berpikir kritis siswa. Selanjutnya dilakukan pengukuran keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan instrumen tes keterampilan berpikir kritis yang dikembangkan sebelumnya. Hasil kegiatan IbM secara umum, yaitu para guru di sekolah mitra telah memiliki kompetensi dalam mengembangkan perangkat pembelajaran untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa.

Keywords

Perangkat pembelajaran, kemampuan berpikir kritis

Full Text:

PDF

References

Albrecht, W. S., dan Sack, R. L. (2000). Accounting education: Charting the course through a perilous future. Accounting Education Series No. 16. Sarasota, FL: American Accounting Association.

Ariyati, Eka. 2010. Pembelajaran Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan

Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Matematika dan IPA. Vol 1 No.2.

Bailin, Sharon. 2002. Critical Thinking and Science Education. Science and Education Vol. 11. pp 361–375.

Duron, H., Limbach B., dan Wough W. 2006. Critical Thinking Framework to Any Dicipline. International Journal of Teaching and Learning in Higher education. Volume 17. No 2. 160-166.

Prayogi, Saiful. 2013. Identifikasi Pemahaman Konsep Berpikir Kritis Mahasiswa dan Dosen Pendidikan Fisika serta Penerapannya dalam Pembelajaran di Kelas. Laporan Hasil Penelitian. LPPM IKIP Mataram.

Thompson, Claudette. 2011. Critical Thinking Across The Curriculum: Process Over Output. International Journal of Humanities and Social Science Vol. 1 No. 9.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.