Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

I Ketut Sukarma, Saiful Prayogi, Agus Muliadi, Laras Firdaus, Hunaepi Hunaepi, Muhammad Asy'ari, Taufik Samsuri, Baiq Mirawati, Dwi Sabda Budi Prasetya, I Wayan Karmana, Iwan Dody Dharmawibawa, Herdiyana Fitriani

Abstract

Telah dilaksanakan pelatihan penulisan karya tulis ilmiah penelitian tindakan kelas (PTK) bagi guru di SMA Negeri 1 Sukamulya. Metode pelaksanaan yang digunakan, yaitu pelatihan (in service training/IST) dan pendampingan (on service training/OST). Pada proses IST peserta mendapatkan materi yang berkaitan dengan penelitian tindakan kelas, sedangkan pada proses OST peserta didampingi dalam melakukan penulisan naskah PTK. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang tujuan utamanya adalah memberikan pemahaman tentang penulisan karya ilmiah mendapat apresiasi yang baik dari pihak sekolah. Kehadiran guru dalam kegiatan mencapai 80% dari total semua guru yang direncanakan terlibat. Dalam pelaksanaan kegiatan peserta nampak bersemangat, hal ini dapat dilihat dari antusiasnya para guru dalam mengikuti seluruh kegiatan pelatihan, baik dalam pemberian materi maupun pada proses diskusi atau tanya jawab.

Keywords

Karya tulis ilmiah, penelitian tindakan kelas

Full Text:

PDF

References

Khisbiyah, Y. 2000. Struktur, Alur dan Pengorganisasian Gagasan dalam Pembudayaan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta. UMS Press.

Maryadi. 2000. Pengertian Karya Ilmiah dalam Pembudayaan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta. UMS Press.

Joni, T.R. 1998. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PCPPGSM Dirjen Dikti.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.