PEMBERDAYAAN IBU-IBU PKK MELALUI PELATIHAN PRODUKSI DETERJEN CAIR DI DESA SUKARAJA LOMBOK TENGAH

Hunaepi Hunaepi, Taufik Samsuri, Laras Firdaus, Baiq Mirawati, Ahmadi Ahmadi, Muhali Muhali, Muhammad Asy’ari, Irham Azmi

Abstract

Kondisi masyarakat yang makin konsumtif menjadikan setiap individu semakin tertarik pada hal-hal yang instan, selain itu jika kondisi ini tidak diperbaiki maka akan membuat masyarakat tidak memiliki kreatifitas dan menghilangkan jati diri. Desa Sukaraja yang terletak di kabupaten Lombok Tengah belum tersentuh sepenuhnya oleh program-program pemberdayaan dan pembinaan khusunya tentang keterampilan dan kewirausahaan. Perbaikan kesejahteraan sosial dapat dilakukan dengan berbagai pendekatan, seperti pemberdayaan Ibu-ibu PKK di Desa Sukaraja melalui pelatihan produksi deterjen cair. Tujuan dari kegitan ini adalah 1) meningkatkan kesadaran tentang hidup produktif dengan menigkatkan keterampilan, 2) meningkatan motivasi untuk berwirausaha, 3) membekali pengetahuan tentang deterjen cair, 4) meningkatkan keterampilan membuat deterjen cair, dan 4) ibu PKK diberi pengetahauan tentang peluang bisnis rumahan. Kegiatan pemberdayaan ini telah dilakukan dengan hasil adanya penigkatan pemahaman dan keterampilan tentang pembuatan deterjen cair, selain itu ibu PKK telah memulai memproduksi baik dengan cara kelompok dan individu untuk di gunakan sendiri dan di jual. Hasil tersebut menggambarkan bahwa kegiatan pengabdianyang dilakukan dapat dinyatakan berhasil, hal ini ditunjukkan adanya kesadaran Ibu PKK tentang pentingnya hidup produktif dan mandiri memalui berwirausaha.

Keywords

Pemberdayaan Ibu-ibu PKK, Deterjen Cair

Full Text:

PDF

References

VH. S.E. dan Susilowati E. (2016) Pemberdayaan Ibu-Ibu PKK Melalui Pelatihan dan Pendampingan Produksi sabun dan Deterjen. Jurnal semar Vo. IV No. 2 November 2016.Hal, 87-95.

https://jurnal.uns.ac.id/jurnal-semar/article/download/4570/3978.

Sumanto, Adriantantri. E, Utomo. A, dan Widodo. B. 2016. Pembuatan sabun cair di Tlogomas Malang. Prosiding. Seminar Nasional Inovasi dan Aplikasi Teknologi Industri (SENIATI) 2016. ISSN 2085-4218. Hal. C.157-C.161.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.