PENERAPAN KERANGKA KERJA ELPSA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTS. IHYA ULUMUDDIN AL-MAARIF KABUL TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Khaerumin Alvi Wahyuni, Masjudin Masjudin, Yuntawati Yuntawati

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa di MTs. Ihya Ulumuddin Al-Maarif Kabul. Hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan guru selalu monoton seperti: (1) Pada saat guru menyampaikan suatu materi baru, guru jarang membangkitkan pengetahuan siswa dengan pengalaman (Experience) sebelumnya, (2) Guru tidak menggunakan bahasa (Language) yang tepat yaitu bahasa yang sederhana dan jelas yang dapat dipahami oleh siswa untuk mendeskripsikan ide-idenya, (3) Guru jarang menggunakan benda konkrit dan gambar (Pictorial) dalam membantu atau menjembatani pemahaman siswa, (4) Guru biasanya hanya mendeskripsikan simbol (Symbol) menggunakan notasi untuk memahami suatu materi, dan (5) Guru jarang mengaplikasikan (Application) pemahaman siswa terhadap materi yang berkaitan dengan masalah kehidupan sehari-hari. Adapun tujuannya adalah untuk mendeskripsikan penerapan kerangka kerja ELPSA yang dapat meningkatkan hasil  belajar  matematika siswa  MTs.  Ihya  Ulumuddin Al-Maarif Kabul  pada  materi himpunan tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  yang  terdiri  dari  empat  tahap,  yaitu:  tahap  perencanaan,  tahap  pelaksanaan tindakan,  tahap observasi, dan tahap refleksi. Pada tahap perencanaan, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) di buat oleh Masjudin, M.Pd dan Ita Chairun Nissa, M.Pd. Sampel dalam penelitian ini yaitu semua siwa kelas VII MTs. Ihya Ulumuddin Al-Maarief Kabul. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes evaluasi sedangkan teknik analisis datanya dilakukan secara kuantitatif deskriptif dan kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data tersebut, ketuntasan klasikal yang dicapai pada siklus I adalah 60 % sedangkan pada siklus II 86,66 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Kerangka Kerja ELPSA dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan kelas VII MTs. Ihya Ulumuddin Al-Maarif Kabul.

Keywords


ELPSA; Learning Outcomes; Mathematics

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v5i2.1791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




J-MPM Abstracting & Indexing
This journal has been covered by the following indexing and abstracting services: